April 23, 2021

Jadwal UN (Ujian Nasional) SMA 2013 Berubah Jadi 18,19,22 dan 23 April 2013

Berita terbaru dari persiapan Ujian Nasional SMA 2013 yang sedianya akan digelar besok hari ternyata berita terbaru mengabarkan tiba-tiba bahwa Jadwal UN 2013 dirubah. Berikut ini informasi terbaru mengenai alasan pengunduran jadwal UN 2013 tersebut dan Jadwal Baru UN 2013.

Jadwal UN 2013
Ilustrasi : Jadwal UN 2013 Gambar TribunNews

11 Provinsi Yang Berubah Jadwal UN 2013 Tingkat SMA / SMK / Aliyah :

Kesebelas provinsi yang terdapat kendala teknis sehingga berubah Jadwal UN 2013 itu adalah :

  1. Kalimantan Selatan 
  2. Kalimatan Timur
  3. Sulawesi Utara
  4. Sulawesi Tengah
  5. Sulawesi Selatan
  6. Sulawesi Tenggara
  7. Bali
  8. Nusa Tenggara Barat
  9. Nusa Tenggara Timur
  10. Gorontalo
  11. Sulawesi Barat

Pengunduran jadwal UN hanya di 11 provinsi sedangkan untuk 22 Provinsi termasuk DKI tetap dilaksanakan sesuai jadwal Senin (hari ini ) 15 April,” ungkap M Nuh.Adapun jumlah siswa di 11 provinsi tersebut sebanyak 1,1 juta di 3.601 SMA/MA dan 1.508 SMK.Sedangkan naskah soal UN di 11 provinsi ini juga berbeda dengan naskah soal di 22 provinsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggeser jadwal ujian di sebelas provinsi kawasan Indonesia Tengah menjadi Kamis (22/4) yang awalnya mulai Senin esok (15/4).

“Kami memohon maaf sebesar-besarnya karena ini murni persoalan teknis,” kata Menteri Pendidikan Muhammad Nuh saat Jumpa Pers UN 2013 di Jakarta, Minggu.

Nuh menjelaskan dari enam perusahaan percetakan pemenang tender soal UN 2013, satu perusahaan masih menghadapi kendala teknis, yakni PT Galia Printing Indonesia.

“Tadi, Pak Presiden telepon saya menanyakan kapan UN akan dimulai, saya menyampaikan ada persoalan teknis di sebelas provinsi,” katanya.

“Kami melakukan investigasi, menjelaskan kepada publik duduk perkaranya kok lambat pengirimannya karena atensi yang sangat khusus untuk UN ini, terutama merampungkan kawasan Indonesia tengah,” katanya.

Setelah melakukan investigasi, Nuh menjelaskan kendala teknis, berupa memasukkan soal ke amplop sesuai dengan tipe nomor, mata pelajaran serta dimasukkan ke kotak untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Nuh memastikan soal-soal dari ketiga kawasan Indonesia –barat, tengah dan timur– berbeda satu sama lain.

Direktur Utama PT Galia Printing Indonesia Hamzah Lukman meminta maaf atas keterlamabatan pengiriman soal UN yang seharusnya sudah siap tiga hari sebelum Ujian Nasional diselenggarakan.

“Kita punya banyak bahan materi tidak tertampung, agak terhambat tapi kami berkomitmen untuk menambah tenaga dan bekerja 24 jam,” katanya.

 

Jadwal Baru UN 2013

  1. Kamis 18 April, UKK
  2. Jumat 19 April, Matematika
  3. Senin 22 April, Bahasa Indonesia
  4. Selasa 23 April, Bahasa Inggris

Jadwal UN SMA/SMK/MA di 11 provinsi bergeser dari

  1. Hari pertama yang semula dijadwalkan pada Senin, 15 April 2013 diundur menjadi Senin, 22 April 2013. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama untuk SMA/MA/SMALB/SMK adalah Bahasa Indonesia, sedangkan untuk Paket C adalah Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia.
  2. Pelaksanaan UN hari kedua yang semula dijadwalkan pada Selasa, 16 April 2013 diundur menjadi Selasa, 23 April 2013.
  3. Adapun UN hari ketiga yang semula dijadwalkan pada Rabu, 17 April 2013 diundur menjadi Jumat, 19 April 2013.
  4. Adapun UN pada hari Kamis, 18 April 2013 tetap dilaksanakan pada hari dan tanggal yang sama.

Konsekuensi pengunduran jadwal UN Utama tersebut juga menyebabkan diundurnya jadwal ujian susulan. Semula dijadwalkan pada 22 April diundur menjadi 29 April.

11 thoughts on “Jadwal UN (Ujian Nasional) SMA 2013 Berubah Jadi 18,19,22 dan 23 April 2013

  1. Inilah Pak Mentri yang hanya ingin mencari sensai, besar kemauannya, tapi gak ingat kemampuan. harusnya minum dulu suplemen penguat Pak!!!. Persoalan yg mencul beruntun : UKG yg kacau, UN kacau, terus ni mau memaksakan kurikulum 2013. Pikir dululah Pak, apa yg Pak kejar?. pa silak mau nyapres 2014?

  2. Saya sangat heran dan bingung sistem pendidikan di era reformasi :
    1. IT semakin canggih justru pelaksanaan ujian nasional masih bagus jaman EBTANAS 6 mapel
    2. UN dijadikan dasar utama untuk lulus -> sehingga sekolah apapun wujud dan bentuk serta sarpras yang sangat berbeda tolok ukurnya sama ( RSBI-SSN-NEGERI DALAM KOTA, NEGERI DI LERENG GUNUNG, SWASTA DI DESA DAN PEDALAMAN DG KETERBATASAN SARPRAS, tolok ukurnya sama, justifikasi sentralistik.
    3. Disana sini banyak kebocoran soal (infor dari media) walaupun dijaga super ketat.
    4. yang paling mengenaskan Bapak Ibu Guru saya sangat tidak dipercaya untuk merakit/menyusun soal ujian.
    5. Bila Ujian Nasional untuk memetakan kwalitas pembelajaran, alangkah indahnya bila para guru diberi kepercayaan seperti dulu ( seperti Ebtanas 6 mapel dulu – tetapi tidak terdengar adanya kebocoran soal (dimana saat ini sudah jadi isu nasional)
    6. Saking takutnya kementrian pendidikan akan kebocoran soal ujian Nasional, dibuat 20 paket soal yang berbeda, tentu biayanya sangat besar lipat 20 kali, biaya ini akan lebih bermanfaat bila digunakan untuk pengadaan sarpras sekolah via kemendikbud (sekolah terima barang langsung).

    semoga ada manfaatnya.

  3. Gonjang ganjing UN semoga bisa memberikan semangat kpd anak siswa siswi smkn 1tenggarong khususnya, menyalahkan lebih mudah tapi cari solusi secepatnya itu harus dipertanggungjawabkan.

  4. sebaiknya UN 2013 kali ini ditinjau kembali. Disusun sedemikian rupa dengan persiapan yang mantap. Agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Berdasarkan berita yang telah saya dengar, bahwa LJUN kali ini mudah sobek dan berbagai kekacauan yang timbul. hal” tersebut membuat para siswa semakin merasa takut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *