April 22, 2021
UN 2013 Kacau, Kepala Sekolah SMAN 1 Martapura Pingsan Logistik soal UN 2913tiba di Mapolres HSS pukul 22.20 Wita, Rabu (17/4/2013) Bpost

UN 2013 Kacau, Kepala Sekolah SMAN 1 Martapura Pingsan

Kepala Sekolah Pingsan – KEKACAUAN pelaksanaan Ujian Nasional 2013 tingkat SMA sederajat di Kalsel, membuat banyak kalangan repot, termasuk para kepala sekolah. Selama beberapa hari mereka cemas dan lelah memikirkan kondisi tersebut. Bahkan, banyak yang terpaksa begadang untuk bisa mendapatkan kepastian kedatangan naskah soal UN.

Soal UN Kalsel 2013
Logistik soal UN 2913tiba di Mapolres HSS pukul 22.20 Wita, Rabu (17/4/2013) Bpost

Kelelahan fisik dan psikis itulah yang membuat Kepala SMAN 1 Martapura, Banjar, H Busra pingsan saat memantau pelaksanaan UN di sekolahnya, Kamis (18/4). “Aduh… kepala saya kok pusing,” ucapnya sesaat sebelum limbung.

Akhirnya setelah mendapat perawatan dini dan istirahat, Busra siuman. “Saya kecapekan saja. Maaf saya tadi sempat pusing,” ucapnya.

Keprihatinan langsung diucapkan Ketua Pengawas UN Kalsel, Hadin Muhjad saat mendapat kabar pingsannya Busra. “Waduh, mungkin itu karena kelelahan. Kurang istirahat akibat begadang menunggu kedatangan naskah soal UN. Kami juga lelah, tapi kasihan para guru yang pasti lebih lelah menghadapi kondisi ini. Apalagi mereka juga harus mengondisikan siswanya,” ujar dia.

Tak hanya guru, siswa pun terdampak secara psikis. Banyak siswa yang mengaku sudah patah semangat. “Judulnya galau menunggu UN. Sudah tidak semangat lagi, tidak ada motivasi lagi,” ucap seorang siswa di Banjarmasin, Gusti Indra Ramadani.

Siswa lain, Eliza mengaku kesal terhadap ketidakpastian UN. Ia mengatakan lebih baik jika UN digelar mulai Senin. “Daripada hari ini (kemarin) yang naskah soalnya belum siap semua. Mendingan Senin sekalian,” tegas Eliza.

Di Banjarmasin, mundurnya waktu pelaksanaan terjadi pada dua sesi ujian. Pada sesi pertama yang seharusnya pukul 07.30 Wita menjadi 09.30 Wita. Molornya waktu juga terjadi pada ujian sesi kedua, selama satu jam dari pukul 13.00 Wita.

Kondisi tersebut membuat kesal Kepala SMAN 7 Banjarmasin, Mundofir. Ia menegaskan keterlambatan membuat siswa down. Selain itu dikhawatirkan berdampak buruk bagi siswa yang belum sarapan. “Untuk siang, kami sediakan makan,” tegasnya.

Berdasarkan penelusuran BPost, terlambatnya pendistribusian soal disebabkan belum selesainya proses fotokopi soal untuk mata pelajaran pertama di dua sekolah. Yakni, MAN 3 dan SMAN 10 Banjarmasin. Keduanya tidak mendapat naskah soal (Bpost)

One thought on “UN 2013 Kacau, Kepala Sekolah SMAN 1 Martapura Pingsan

  1. kalau ada porseni kenaapa hal itu tidak menginspirasi pada bidang UN? kan bisa dilaksanakan materi UN SD-SMA dilombakan mulai tingkat kecamatan -kabupaten-provinsi-nasional. tentu saja bukan test multiple choice atau apa yang bersifat dangkal tetapi mengarah ke proses atau berfikir kritis so UN yang sontoloyo itu tidak perlu ada dan tidak menimbulkan kemarahan rakyat lagi. hmmmm kados pundi pakde lan mbokde? haaaaaaaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *