April 22, 2021
Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Bayi adalah anugerah bagi orang tua, yang kehadirannya sangat diharapkan oleh pasangan orang tua. Karena sebuah kebahagiaan dalam keluarga tidak akan lengkap tanpa ada kehadiran sosok bayi. Bahkan bagi mereka yang belum dikarunia seorang anak, akan melakukan cara apa saja agar dapat mempunyai anak.

Adanya anugerah seorang bayi dalam keluarga dapat menjadikan kebahagiaan yang baru bagi orang tuanya. Oleh karena itu perlu ada keistimewaan dalam mengurusnya, hal yang seperti biasa diantaranya bagaimana cara memandikan bayi baru lahir. Hal yang mungkin dianggap sepele bagi orang tua yang sudah berpengalaman akan berbeda bagi mereka yang baru pertama kali mempunyai anak. Apalagi tidak ada yang mengajarinya bagaimana cara untuk memandikannya.

Mandikan Bayi
Mandikan Bayi

Bayi yang baru lahir dalam usia satu atau beberapa minggu, pada dasarnya banyak para dokter yang tidak menganjurkan untuk memandikannya, tetapi bayi cukup dimandikan dengan cara diseka sekitar badannya. Namun bila anda masih ada keraguan maka dapat dilakukan cara-cara dibawah ini:
1.    Menyiapkan peralatan untuk mandi bayi, seperti air hangat, wadah tempat mandi bayi (baskom dan lain-lain), sabun dan shampo bayi, waslap dan tak lupa handuk bayi untuk mengeringkannya.
2.    Buka secara pelan-pelan pakaian bayi, lalu tutupi dengan handuk dan baringkan
3.    Tutupi bagian tubuh yang tidak akan dibasuh supaya tidak kedinginan
4.    Usaplah telinga bayi bagian luarnya, kemudian bersihkan dengan waslap (yang hangat dan direndam dalam air dan diperas) lipatan-lipatannya, baik di leher, tangan maupun kakinya.
5.     Membersihkan kelopak mata bagian atasnya dengan perlahan menggunakan waslap yang hangat.
6.    Usap dan bersihkan bagian kepala dan badan bayi dengan waslap yang sudah memakai shampo bayi dan juga dengan sabun khusus bayi.
7.    Saat membersihkan badan bayi lakukan dengan perlahan dan hati-hati, dan bersihkan sisa sabun yang masih menempel.
8.    Pada bagian kelamin bayi, lakukan pula dengan menggunakan waslap dan usap secara perlahan caranya dari arah depan ke belakang.
Ketika semuanya telah dilakukan dengan bersih, lalu pakaikan baju dan popok. Selanjutnya berilah baby oil sebagai penghangat dan pengharum bayi.  Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *