Optimalkan Strategi Conversion Rate Optimization Anda dengan Cara Ini

InboundID

Sebuah web yang memiliki jumlah pengunjung fantastis, belum tentu akan dapat memberikan keuntungan kepada pemiliknya bila ternyata mereka hanya sekedar lewat saja. Oleh sebab itulah diperlukan strategi conversion rate optimization yang akan membuat para pengunjung tersebut bisa menjadi pembeli yang akan membeli produk dari web tersebut. Tidak harus menjadi seorang pembeli, pengunjung yang mungkin hanya akan menjadi pelanggan yang selalu menanti artikel dari web kita juga tentu bisa membawa perubahan positif terhadap web kita tersebut, utamanya dari sisi impresi.

Seperti halnya strategi SEO yang berfungsi untuk mendatangkan sejumlah pengunjung ke blog kita, maka pada strategi konversi ini juga harus didukung dengan trik tertentu agar pelaksanaan strategi tersebut bisa optimal. Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan agar CRO bisa berjalan maksimal, yaitu:

InboundID
Logo InboundID

•    Menggunakan beberapa judul dengan gaya penulisan yang berbeda-beda dan unik. Perhatikan minat para pengunjung ketika Anda menggunakan judul tertentu, dan tandai judul yang mungkin bisa menarik minat beli mereka terhadap produk Anda,
•    Menyusun desain web secara rapi dan menarik. Coba hilangkan beberapa iklan atau posisi artikel yang terlihat sulit dibaca sehingga pengunjung bisa nyaman berada dalam halaman tersebut,
•    Tambahan visualisasi produk yang menarik pada halaman Anda, sehingga calon pembeli bisa mengerti dan tertarik dengan produk.

Dalam strategi konversi ini, memang kita harus lebih bermain pada perbaikan konten mulai dari gaya penulisan artikel, tampilan desain web secara keseluruhan dan juga site map yang ada pada web tersebut. Selain itu ada faktor lain yang harus diperhatikan seperti:

•    Kecepatan akses terhadap halaman website, harus lebih responsif sehingga pengunjung bisa nyaman,
•    Layanan costumer service yang juga tanggap terhadap setiap pertanyaan atau keluhan.

Ketika Anda mencoba membangun usaha melalui sebuah web, berarti Anda sedang berusaha meyakinkan setiap pengunjung tentang kualitas dan kemampuan yang Anda miliki, sehingga memang sangat layak untuk diusahakan secara maksimal. Perlu diingat juga bahwa strategi conversion rate optimization ini juga sangat tergantung dari kemauan dan keinginan Anda dalam melakukan update atas konten website.

Leave a Reply