April 20, 2021
Inilah Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anda

Inilah Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anda

Ada beberapa tips dan cara menjaga kesehatan gigi yang perlu anda ketahui yang bisa dilakukan dengan mudah dan berguna agar menjaga kesehatan gigi dan mulut anda tetap sehat dan bersih.

Obat Kumur Listerine

Gigi dan Mulut sebenarnya adalah organ yang vital dan harus dijaga kesehatannya karena rawan sakit dan kotor mengingat organ inilah yang kita gunakan untuk menyantap berbagai makanan tiap harinya. Otomatis organ gigi dan mulut ini harus memiliki cara menjaga kesehatan gigi khusus dan rutin agar tetap sehat.

Karena jika tidak kita rawat berbagai masalah kesehatan seputar gigi dan mulut dapat muncul kapan saja. Misalnya sakit gigi, masalah gigi berlubang, gusi bengkak dan sebagainya.

Untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat harus mengeluarkan biaya mahal? Tentu saja tidak.  Banyak bahan-bahan alami yang bisa membuat kita sehat. Berikut ini medianya.com hadirkan beberapa cara menjaga kesehatan gigi yang baik :

Jangan Merokok, Minum kopi, teh dan alkohol berlebihan

Kopi dan teh sebenarnya boleh saja dikonsumsi dan tidak akan merusak kesehatan gigi jika dikonsumsi secukupnya saja. Namun jika berlebihan, bukan hanya kesehatan gigi yang terancam namun juga lambung dan bagian tubuh lainnya. Sementara itu, meminum alkohol berlebihan ataupun merokok sudah jelas berbahaya dan akan membuat mulut kering dan berbau tidak sedap.

Rajin Sikat Gigi Minimal Sehabis Makan dan Sebelum Tidur

Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat maka cara menjaga kebersihan gigi yang harus dilakukan adalah membersihkan gigi secara rutin dan benar. Menyikat gigi yang benar minimal dua kali sehari dapat membantu anda menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Konsumsi buah-buahan dan Sayuran Baik Untuk Gigi

Tahukah anda ternyata buah-buahan mengandung serat serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Kandungan serat dalam buah-buahan tersebut bertindak sebagai sikat gigi alami yang membersihkan sisa-sisa makanan sekaligus mengusir bakteri di mulut kita.

Buah – buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi juga dapat membantu memperkuat gusi.

Sama halnya dengan  buah – buahan, sayuran mengandung serat alami yang mampu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan flak. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli dan labu membantu pembentukan lapisan email gigi.

Membersihkan gigi dengan metode Flossing (Benang Gigi)

Flossing memang kurang akrab di telinga kita, tapi Flossing (benang gigi) adalah bagian penting dari perawatan gigi sehari-hari yang dilakukan untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan dari sela gigi, bracket dan kawat gigi. Flossing menjaga gigi dan gusi tetap bersih dan sehat.

Jika dilakukan dengan benar, flossing dapat membantu anda membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi. Jadi jangan takut selama hal tersebut dilakukan dengan benar dan oleh ahlinya.

Berkumur-Kumur Setelah Makan Dan Sebelum Tidur

Berkumur merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi yang sebenarnya penting namun masih banyak yang lupa ataupun malas melakukannya karena menganggap dengan sikat gigi saja sudah cukup. Padahal seharusnya kumur kumur juga diperlukan untuk lebih membersihkan gigi dan mulut anda.

 

Berkumur sendiri merupakan cara yang sederhana dan mudah dilakukan dan dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sangat efektif, berkumurlah dengan pakai mouthwash. Setiap selesai menyikat gigi, biasakan untuk berkumur menggunakan mouthwash seperti LISTERINE yang Di dalamnya mengandung double flouride yang dapat menghilangkan bakteri penyebab plak gigi dan membentuk lapisan pelindung pada gigi. Serta membunuh kuman penyebab bau mulut.

Oh iya selain dirawat dan juga dijaga sendiri kesehatan gigi dan mulut anda disarankan memeriksakannya ke dokter setiap 6 bulan sekali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *