April 18, 2021

Liga Super ASEAN 2015 Jadwal , Sistem Kompetisi dan Peserta

Liga Super ASEAN 2015 – Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) yang diwakili oleh anggota Komite AFF, Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah menyampaikan bahwa ASEAN Super League (ASL) bakal digelar untuk pertama kalinya tahun 2015.

Liga Super Asean 2015
Liga Super Asean 2015

“Detail masih terus dibicarakan, tetapi untuk saat ini ada 16 peserta dengan setiap negara mengirimkan dua wakilnya,” ujar Sultan Ahmad Shah seperti dirilis Brunei Times. “Setiap tim boleh diperkuat oleh dua pemain asing dari negara ASEAN dan 6 pemain asing non ASEAN,” ujarnya lagi.

Adapun enam belas tim yang akan berpartisipasi merupakan wakil dari delapan liga dari wilayah ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Myanmar. Diharapkan ASL yang sudah digagas tiga tahun yang lalu ini dapat meningkatkan kualitas tim-tim di negara ASEAN.

Jika kualitas-kualitas itu ditingkatkan, maka ke depannya banyak negara ASEAN dapat masuk dan bertanding di liga internasional seperti Piala Dunia, ajang bergengsi yang sangat ditunggu banyak pihak.

Sistem dan Jadwal kompetisi Liga Super ASEAN  rencananya digelar delapan bulan selama Februari hingga September, menyesuaikan kalender FIFA, serta tidak berkaitan langsung dengan Liga Champions Asia atau Piala AFC. ASL tidak memberlakukan degradasi dan tim juara akan ditentukan melalui sistem play-off. AFC sendiri telah diberitahu tentang rencana pembentukan ASL berdasarkan MoU yang ditandatangani seluruh negara anggota.

perundingan lebih lanjut terkait liga super ASEAN ini akan dilaksanakan usai pemilihan Presiden AFC pada 02 Mei mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *