April 22, 2021

Sri Mulyani Diperiksa KPK Hari Ini di Amerika Serikat 30 April 2013

Sri Mulyani Diperiksa KPK – Berita Terbaru, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang tersandung kasus Bailout / dana talangan Bank Century hari ini diperiksa KPK (Selasa 30/4/2013)  di Washington DC, AS.

Sri Mulyani Diperikas KPK Mei 2013
Foto Sri Mulyani , kompas

Pemeriksaan KPK terhadap Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dilakukan oleh 3 orang tim yang terdiri dari satu orang Kepala Satgas (Penyidik) dan dua orang anggotanya.

Wakil ketua KPK Bambang Widjojanto dalam jumpa pers di gedung KPK mengatakan, pemeriksaan Sri Mulyani di Amerika tersebut rencananya akan dilakukan dalam kurun waktu dua hari setelah sebelumnya penyidik tiba di Washington, AS sejak pekan lalu. “Yang bersangkutan diperiksa tanggal 30 dan 1 Mei 2013 besok,“ imbuh Dewan Etik Indonesia Corruption Watch (ICW).

Untuk kasus FPJP Bank Century ini , KPK telah menetapkan satu orang tersangka mega skandal bail out Bank Century yakni Budi Mulya sedangkan Siti Chalimah Fadjriah masih belum bisa ditetapkan sebagai tersangka dikarenakan kondisi yang sedang sakit.

Budi Mulya merupakan mantan Deputi V Bidang Pengawasan Bank Indonesia. Sementara Fadjriah adalah Deputi Bidang IV Pengelolaan Moneter Devisa Bank Indonesia.

Bukan tidak mungkin, pemeriksaan Sri Mulyani bakal membuka lebih jauh peran mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini menjabat Wakil Presiden RI, Boediono. Hal itu diakui sendiri oleh Ketua KPK, Abraham Samad.

Abraham nyatakan, KPK akan meminta banyak keterangan dari Sri Mulyani dalam kasus tersebut. Terkait jabatannya ketika itu sebagai Menteri Keuangan dan Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada saat pemerintah memutuskan untuk menyelamatkan Bank Century dari kebangkrutan.

Selain Sri Mulyani yang diperiksa KPK ternyata ada juga saksi lain yang diperiksa KPK, salah satunya orang BI (Bank Indonesia). KPK memeriksa para saksi karena dianggap tahu seputar dana talangan Century. Sri Mulyani mengetahui kasus Century karena pernah menjadi Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan. Ketika masih menjadi Menteri Keuangan, Sri mengaku kepada Jusuf Kalla (JK) selaku Wakil Presiden saat itu bahwa kegagalan Bank Century bukan disebabkan krisis. Sri Mulyani juga mengaku telah tertipu laporan soal status gagal sistemik Bank Century.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *