April 21, 2021

Fenomena Hujan Meteor Eta Aquarid Debu Komet Halley Bisa Dilihat Senin 6 Mei 2013

Hujan Metero Eta Aquarid Komet Halley 2013 – Jika Komet Halley mungkin hanya akan terlihat dari Bumi dalam setiap 75-79 tahun sekali. Namun, debu ekor komet halley ternyata bisa dilihat dari Bumi dua kali setahun dalam wujud hujan meteor salah satunya dini hari nanti senin 6 mei 2013.

Foto Komet Halley 1986
Foto Komet Halley 1986

Debu komet Halley ialah sebab munculnya hujan meteor Eta Aquarids dan Orionids. Minggu (5/5/2013) adalah puncak hujan meteor Eta Aquarid. Puluhan meteor sebagai akibat dari terbakarnya debu komet saat berinteraksi dengan atmosfer Bumi bisa terlihat.

Astronom amatir Ma’rufin Sudibyo di laman Facebook-nya, Sabtu (4/5/2013), mengatakan, kurang lebih 55 meteor bisa disaksikan pada Minggu malam ini. Jumlah meteor dalam hujan meteor ini sebenarnya bervariasi, antara 45 – 85.

Hujan meteor Eta Aquarid bisa disaksikan malam nanti sekitar pukul 02.00 WIB dini hari hingga menjelang fajar. Puncak hujan meteor sebenarnya adalah Senin (6/5/2013) pukul 08.00 namun wilayah Indonesia tak bisa mengamati saat itu karena cahaya meteor akan kalah oleh cahaya Matahari.

Hujan meteor yang bisa dibilang besar karena jumlah meteor yang terlihat ini terjadi ketika Bumi melewati wilayah langit yang kaya debu komet Halley. Debu akan tertarik oleh gravitasi Bumi, berinteraksi dengan atmosfer dan terbakar sehingga tampak bercahaya bagi penduduk Bumi.

Mau mengamati? Hujan meteor bisa disaksikan tanpa alat bantu. Cukup mencari tempat dengan langit gelap serta lapang agar pengamatan lebih maksimal. Syarat hujan meteor bisa disaksikan sama dengan syarat fenomena astronomi lain, tak ada awan dan hujan yang menghalangi.

Lalu, kapan bisa mengamati komet Halley sendiri? Situs Space.com, Sabtu (4/5/2013), menyatakan, komet Halley terakhir tampak dari Bumi pada tahun 1986. Jadi, komet ini baru akan tampak dari Bumi pada tahun 2061. Semoga umur cukup panjang untuk menyaksikan peristiwa sekali seumur hidup itu.

One thought on “Fenomena Hujan Meteor Eta Aquarid Debu Komet Halley Bisa Dilihat Senin 6 Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *