IBX582022AF841EE
Published On: Sun, Jan 6th, 2019

Cara Membuat Salad Buah yang Mudah dan Lezat 2019

Dibandingkan dengan salad sayur, anak-anak lebih menyukai salad buah yang memiliki rasa lebih lezat. Toh, kandungan gizi dari salad buah tidak kalah tinggi dari salad sayur lho! Buah mengandung serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.  Selain itu, terdapat asam folat pada buah-buahan yang aman dikonsumsi ibu hamil. Daripada Anda membeli salad buah di pasaran, kenapa tidak menoba cara membuat salad buah sendiri?

 

Cara Membuat Salad Buah

Yuk, simak bahan dan cara pembuatan yang mudah berikut ini!

Bahan salad buah

  • Apel segar 200 gram, kupas kulit dan potong dadu
  • Melon segar 200 gram, kupas kulit dan potong dadu
  • Semangka 1 buah, kupas kulit dan potong dadu
  • Mangga segar 200 gram, kupas kulit dan potong dadu
  • Pepaya segar 1 buah, kupas kulit dan potong dadu
  • Anggur segar 200 gram
  • Stroberi segar 20 gram
  • Keju parut secukupnya
  • Mayoinase 150 ml
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Jeruk nipis atau perasan lemon sesuai selera

Cara membuat saus mayoinase

Tersedia saus mayoinase yang siap saji di pasaran, tetapi Anda bisa membuat saus mayoinase sendiri di rumah. Berikut bahan dan cara oembuatan saus mayoinase yang mudah.

Bahan: 1. Saus mustard 2 sendok makan

  1. Minyak zaitun 300 ml
  2. Kuning telur 2 buah
  3. Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
  4. Garam 1 sendok teh

Cara pembuatan saus mayoinase:

  1. Masukkan kuning telur dan saus mustard ke dalam wadah dan kocok menggunakna spatula atau mixer dengan kecepatan rendah sampai lembut.
  2. Masukkan garam, kocok kembali.
  3. Sembari mengkocok adonan, tambahkan minyak zaitun secara bertahap.
  4. Tuangkan jeruk nipis saat adonan mulai kaku dan mengental, lalu kocok sampai adonan tidak mengental berlebihan. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air.

Cara membuat salad buah yang mudah

  1. Cara membuat salad buah yang pertama adalah memasukkan potongan buah ke dalam wadah yang telah disiapkan dan masukkan ke dalam kulkas. Hal ini berguna untuk membuat buah lebih segar dan dingin.
  2. Buat saus salad dengan cara mencampurkan mayoinase, susu kental manis serta air perasan jeruk nipis atau lemon bila suka.
  3. Keluarkan potongan buah dari dalam kulkas dan tuangkan saus salad.
  4. Taburkan parutan keju secukupnya atau sesuai selera Anda.

Kreasi salad buah bisa disesuaikan dengan selera Anda lho! Penambahan sirup atau nata de coco ke dalam salad buah bisa menjadi kreasi yang disukai seluruh anggota keluarga. Bisa pula menambahkan yoghurt sebagai pengganti saus mayoinase.

Mengganti saus mayoinase dengan yoghurt atau madu direkomendasikan untuk ibu hamil dan orang yang melakukan program diet. Ada baiknya menghindari keju parut kalau Anda tidak ingin mengkonsumsi banyak kalori.

Hal yang juga wajib Anda perhatikan adalah pemilihan buah yang tepat. Ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gizi lebih menonjol dibandingkan buah lain. Kandungan gizi tinggi ini akan membuat tubuh bisa menyerap nutrisi yang maksimal. Rekomendasi buah yang enak dan cocok dijadikan salad antara lain apel, nanas, alpukat, anggur merah, anggur ungu, stoberi, mangga, semangka, melon, jeruk, jambu biji dan pepaya.

Yuk, coba cara membuat salad buah sendiri di rumah! Selain lebih sehat dan enak, membuat salad buah sendiri juga lebih hemat lho. Kudapan lezat yang kaya manfaat ini bisa Anda jadikan camilan sehat bersama keluarga tercinta.

 

 

 

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>