April 20, 2021

Kondisi Terakhir Napi Pasca Rusuh di LP Tanjung Gusta Medan 11 Juli 2013

Kerusuhan LP Tanjung Gusta 2013 – Para tahanan narapidana Lembaga Pemasyarakatan LP Tanjung Gusta, Medan, Sumut rusuh dan para napi pun mengamuk. Penyebab kerusuhan di dalam LP ini terjadi akibat pemadaman listrik dan matinya air yang membuat para napi marah. di kabarkan ada 100 napi yang kabur dari penjara dan membakar LP Tanjung Gusta.

Lapas Tanjung Gusta Medan Kerusuhan
Lapas Tanjung Gusta Medan Kerusuhan

Kerusuhan ini dimulai pada kamis sore (11/7) kemudian berlanjut sampai malam hari dan kerusuhan mulai reda pada dini hari. Korban tewas dikabarkan ada 5 orang dan 2 diantaranya seorang sipir penjara.

Pada pagi harinya Sabtu (12/7) terlihat beberapa napi yang muncul di dekat LP. Mereka kelihatan santai saja, ada yang tersenyum, ada yang telanjang dada, ada yang memakai singlet seperti tidak terjadi apa apa.

Area LP Tanjung Gusta masih di kuasai oleh narapidana yang jumlahnya 2000 orang, Ploisi dan TNI pun tidak bisa masuk ke dalam mereka hanya berjaga jaga diluar LP. Para narapidana ini berkumpul di depan LP yang terbakar.

Para narapidana yang muncul tersebut berteriak “Udah woi, pulang saja sana,” disambut dengan cemoohan rekan mereka. Hal itu mereka lakukan ketika mereka melihat petugas yang berjaga di sekitar LP.

Setelah Aksi rusuh yang terjadi kemarin, para narapidana menuntut kepada pemerintah agar para napi yang terkait kasus seperti terorisme, korupsi, dan narkoba tidak diberi remisi hukuman dan melakukan revisi terhadap PP 99/2012 tentang pengaturan remisi. dan para napi yang terkait kasus tersebut tidak mendapat pengurangan hukuman baik dalam peringatan hari kemerdekaan juga perayaan hari besar keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *