April 22, 2021
Hemat Energi Listrik Dengan Cara Mengatur Pemakaian listrik

Hemat Energi Listrik Dengan Cara Mengatur Pemakaian

hemat listrik
listrikrin

Listrik merupakan hasil tekhnologi yang memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan. Dimana dengan adanya listrik, kita bisa melakukan banyak kegiatan yang menggunakan bantuan energi ini. Misalnya penerangan dengan menggunakan lampu, atau menggunakan mesin untuk usaha atau bisnis, dan banyak lagi kegiatan lainnya yang menggunakan energi listrik ini. Sebelum adanya listrik, orang pada zaman dulu menggunakan lampu tempel seperti obor, atau lilin untuk penerangan. Namun sekarang, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, untuk penerangan sudah menggunakan bola lampu dengan energi listrik. Cara agar hemat energi listrik, sebisa mungkin kita menggunakannya untuk keperluan yang benar-benar membutuhkan listrik.

Pemakaian atau penggunaan listrik dengan benar dan teratur, merupakan cara untuk bisa lebih menghemat listrik di rumah anda. karena pada dasarnya, listrik digunakan setiap hari dari pagi sampai malam selama 24 jam. dan untuk menghindari pembayaran tagihan yang bisa saja membengkak, usahakan dalam pemakaiannya benar-benar untuk yang diperlukan. Contohnya, tidak menyalakan lampu jika memang tidak dibutuhkan sekali, tidak menyalakan televisi saat anda melakukan aktifitas di rumah, atau juga menggunakan mesin cuci untuk pakaian kotor yang sedikit. Dengan penggunaan listrik secara teratur, merupakan hemat energi listrik untuk menghindari tagihan listrik yang besar.

Adapun untuk menghemat energi listrik bisa anda lakukan dengan cara yang alami atau manual. Misalnya dalam hal mengeringkan pakaian. Jika anda ingin menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik yang normal, anda bisa mengeringkan pakaian dengan cara alami seperti mengeringkan langsung dengan memanfaatkan energi panas matahari. Dengan cara di gantung dan diangin-anginkan. Dengan cara seperti itu, anda bisa lebih menghemat energi listrik.

Adapun contoh lain untuk menghemat energi listrik seperti tidak menyalakan lampu pada siang hari jika tidak diperlukan. Selain itu, usahakan dalam hal penerangan anda menggunakannya saat atau pada jam tertentu. Dan untuk lebih menghemat energi listrik, hindari pemakaian listrik dalam waktu yang bersamaan. Misalnya anda gosok pakaian menggunakan setrika listrik sambil menonton TV, atau sambil menyalakan pompa air yang menggunakan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *