October 19, 2021
Tips Memilih Dekorasi Ruangan yang Pas dengan Konsep Rumah

Tips Memilih Dekorasi Ruangan yang Pas dengan Konsep Rumah

Semua orang pasti menginginkan rumah minimalis yang nyaman dan tampak menawan. Selain pemilihan desain dan konsep rumah yang pas, penambahan dekorasi baik pada interior maupun eksterior akan menambah keindahan rumah. Fungsi estetika dari dekorasi sendiri akan semakin kuat jika didukung dengan keselarasan dengan desain serta konsep rumah. Bagaimana cara memilih dekorasi yang sesuai? Ikuti saja tips berikut ini.

Konsep Rumah Minimalis UrbanIndo

Lihat Kebutuhan
Menghiasi dan menempatkan seluruh ruangan di rumah dengan elemen dekorasi sebenarnya tidak terlalu baik. Pasalnya, rumah akan tampak ramai, sempit, penuh, bahkan kelihatan berantakan. Oleh karena itu lihat dulu kebutuhan masing-masing ruangan di rumah Anda.

Misalnya di ruang tamu yang sudah banyak diisi dengan perabotan di lantai, tempatkan satu atau dua dekorasi dengan ukuran kecil. Lalu, pada bagian ruang keluarga yang luasnya lebih lega, dekorasi denggan ukuran besar seperti karpet dan cermin bisa dilakukan. Sementara itu di dapur yang sudah terlalu banyak barang lepaskan dari unsur dekorasi yang terlalu ramai.

Jenis Dekorasi
Selain memperhatikan kebutuhan ruangan, yang harus diperhatikan juga adalah jenis dekorasi yang akan dipilih. Hindari menggunakan elemen dekorasi dengan tipe yang sama di tiap ruangan karena akan membuat kesan monotan dan membosankan. Maka itu pilih lah jenis-jenis dekorasi yang sesuai dengan peruntukan ruangan.

Contohnya, pada ruang keluarga yang didesain sebagai tempat berkumpul para penghuni rumah, pilih dekorasi dengan fungsi memberikan kenyamanan dan kehangatan. Misalnya karpet berbulu yang empuk, lalu bantal-bantal cushion yang bisa dipakai untuk tidur-tiduran, hingga foto-foto keluarga yang dipajang di kabinet panjang atau ditempel pada dinding.

Selaraskan
Penyelarasan antara konsep dan tema ruangan dengan dekorasi juga tidak kalah penting. Jika rumah berkonsep minimalis, maka pilih pula jenis-jenis dekorasi yang desainnya simpel dan tak banyak aksen. Selain akan mendukung tema serta konsep, dekorasi minimalis pun akan menghemat lahan rumah minimalis. Sementara jika rumah berkonsep tradisional Jawa, maka gunakan pula elemen-elemen dekorasi yang bernuansa etnik seperti ukiran patung dan gantung, pintu gebyok, dan lainnya.

Tata Letak
Tata letak elemen dekorasi di suatu ruangan akan berpengaruh kepada penampilan ruangan dan letak perabot lainnya. Lakukan penempatan dekorasi dengan mempertimbangkan estetika dari ruangan tersebut. Misalnya, jika ingin menempatkan lukisan pilih bagian tengah pada dinding ruangan. Dengan begitu, lukisan pun dapat menjadi center of interest yang membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *