April 20, 2021
Jualan di Internet, Ini 3 Keuntungan Promosi dengan Sistem Endorsement

Jualan di Internet, Ini 3 Keuntungan Promosi dengan Sistem Endorsement

Saat ini online shopping sedang sangat berkembang di Indonesia. Banyak sekali pelaku bisnis online yang bermunculan, entah itu jualan di marketplace, social media, atau bikin toko online sendiri, seiring dengan meningkatnya tingkat konsumerisme pada masyarakat di Indonesia.

Teknik promosi yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari broadcast BBM, pakai jasa SEO, iklan di Google ataupun social media, hingga yang saat ini sedang berkembang adalah sistem endorsement.

Endorsment Medianya

Sistem endorsement sedang banyak sekali digunakan oleh para online seller sebagai sarana untuk mempromosikan barang yang mereka jual. Endorsement ini dilakukan dengan cara meminta para artis atau selebgram untuk mempromosikan suatu barang dengan memposting foto tersebut di instagram si artis/selebgram dan menandai online seller/online shop yang meminta endorsement tersebut.

Lalu adakah keuntungan dari sistem endorsement? Berikut 3 keuntungan dari sistem endorsement.

1. Ajang Promosi yang Efektif
Biasanya seorang artis atau selebgram mempunyai followers yang banyak khusunya di instagram. Ketika artis/selebgram tersebut memposting sebuah foto, maka foto tersebut akan banyak dilihat oleh para followersnya yang bisa mencapat jutaan, dan otomatis barang yang dipromosikannya-pun akan dilihat oleh jutaan orang.

Dengan mempromosikan barang melalui artis/selebgram, tentu membuat barang tersebut dilihat banyak orang dan online shop yang di-tag pun akan dikenal banyak orang.

Bahkan sekarang tidak hanya online shop yang melakukan sistem endorsement, namun juga banyak brand-brand ternama yang melakukan endorsement ini karena hal ini terbukti sangat efektif sebagai ajang promosi.

2. Menekan Biaya Marketing
Hanya dengan mengirimkan sejumlah barang yang ingin dipromosikan kepada si artis/selebgram, dan mentransfer sejumlah uang sebagai fee, maka barang tersebut sudah dilihat banyak orang, dan online shop Anda sudah dikenal banyak orang.

Tentu lebih murah dibandingkan mengiklankannya di TV, bukan?

3. Meningkatkan Penjualan
Artis merupakan seorang public figure, dan hal tersebut membuat banyak orang yang mengikuti apapun yang dilakukan artis idolanya.

Contohnya saja bila seorang artis cantik mempromosikan sebuah produk kosmetik, maka orang yang melihatnya akan terpengaruh untuk mengikuti apa yang artis tersebut pakai karena dia melihat kecantikan si artis tersebut. Dengan begitu, banyak orang yang akan mengikuti untuk memakai produk tersebut dan otomatis penjualan dari produk tersebut akan meningkat.

Adapun produk dan layanan yang umumnya di-endorse oleh para artis, public figure, dan celebgram ini adalah produk fashion, kosmetik, makanan (review restoran, bumbu masak, layanan catering, dll), property, produk rumah tangga, dan sebagainya.

Demikian 3 keuntungan dari sistem endorsement. Bagi Anda seorang online seller yang ingin meningkatkan penjualan, tidak ada salahnya Anda mencoba sistem endorsement ini karena sistem ini cukup efektif sebagai ajang promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *