April 20, 2021
Lakukan Hal Ini Saat Ingin Shoping Online Agar Terhindar Dari Penipuan!

Lakukan Hal Ini Saat Ingin Shoping Online Agar Terhindar Dari Penipuan!

Semakin meningkatnya orang-orang yang tertarik dengan belanja online, membuat para oknum tertentu juga gencar melakukan penipuan. Meski sudah dilakukan beberapa penanganan dan cara mengindari penipuan ini, nyatanya masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membedakan online shop asli dengan yang penipu.
Ada saja trik penipu untuk menjerat para pembeli, bahkan cara mereka sangat halus hingga sering tidak disadari.

shopping-online-indonesia-dompetku

Kita memang harus waspada akan hal ini, namun jangan khawatir, masih banyak ko’ tempat belanja atau shoping online Indonesia yang terpercaya.

Jika masih bingung bagaimana tips aman berbelanja online yang aman, simak deh beberapa tips berikut. Semoga bisa membantu kamu yang sedang galau ketika ingin membeli barang secara online.

• Teliti Foto Produk
Membeli barang lewat online berbeda dengan membeli langsung karena untuk dapat mengetahui produk, kita hanya bisa melihatnya lewat foto yang ditampilkan. Untuk itu, perhatikan secara teliti foto produk. Akan lebih baik jika foto yang ditampilkan asli, tidak banyak editan dan juga memiliki tingkat kemiripan yang tinggi.

• Ketahui Spesifikasi Produk
Setelah melihat tampilan produk melalui foto, selanjutnya adalah mengetahui spesifikasi produk. Misalnya untuk pakaian, ketahui secara jelas mengenai ukuran, bahan dan harga. Biasanya keterangan spesifikasi terdapat pada foto produk atau jika tidak tertera mengenai info spesifikasi, kita bisa menanyakan langsung kepada penjual atau customer servisnya.

• Bandingkan Harga Dengan Kualitas
Karena tidak melihat langsung produk yang dijual, kita jadi tidak bisa melakukan cek barang, terkadang banyak model produk yang terlihat mirip, padahal dari segi kualitas, bahan dan lainnya bisa saja berbeda. Agar tidak tertipu, bandingkan harga produk dengan kualitas. Untuk jenis produk yang memang bagus, kualitasnya oke dan produk asli, wajar jika harganya lebih mahal. Namun, jika kamu menemukan harga yang tidak sebanding dengan produk, misalnya produknya asli namun jauh di bawah harga pasaran, kamu harus hati-hati. Ini bisa jadi salah satu trik penipu untuk mendapatkan keuntungan dari pembeli. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan survei harga terlebih dahulu sebelum membeli produk untuk mengetahui kisaran harga yang berlaku untuk produk yang akan dibeli.

• Pahami Kebijakan Yang Berlaku
Pada beberapa situs atau tempat jual beli online, biasanya menerapkan beberapa kebijakan. Agar tidak terjadi kesalahan dan kerugian, maka pahami terlebih dahulu mengenai kebijakan yang berlaku. Jika ada yang tidak mengerti, kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu ke customer servise online shop.

• Ada Polisi Online Tidak?!
Ini salah satu cara untuk mengetahui apakah sebuah website penjualan aman atau tidak untuk pembeli. Untuk website asli yang memang dikelola untuk tujuan promosi barang, mereka akan melengkapi dengan label “Polisi Online” sebagai tanda bahwa website mereka telah didaftarkan secara resmi untuk keperluan bisnis online.

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin berbelanja online. Jika memang teliti, kamu tentu bisa terhindar dari online shop “tipu-tipu”. Semoga informasi ini bermanfaat ya… Happy Shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *