IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Oct 20th, 2017

5 Tips Membuat AC Hemat Listrik

Blog Review Daikin AC
Hampir rata-rata rumah atau kantor di perkotaan menggunakan AC. Apakah rumah anda salah satunya yang juga memakai AC? Untuk membuat AC dapat bertahan lama, tentu diperlukan pemeliharaan serta perawatan.

Tidak hanya soal perawatan, cara pemakaian juga sangat penting untuk diperhatikan. Menggunakan AC secara sembarangan, tidak hanya dapat mempercepat kerusakan tetapi juga membuat penggunaan listrik jadi lebih boros. Salah satu cara yang pertama kali bisa dilakukan agar tidak boros listrik tentu saja dengan memilih AC hemat energi seperti AC Daikin . Selain itu, tips ini juga bisa dicoba untuk membuat AC semakin hemat listrik.

AC Hemat Listrik Daikin

1.       Setel Suhu Stabil

Untuk daerah Indonesia yang memang beriklim tropis sehingga suhunya relatif panas, menyetel suhu AC terlalu dingin hingga 16 derajat tidaklah tepat. Ini akan membuat kerja mesin AC menjadi berat. Cukup gunakan suhu stabil yaitu suhu di atas 22 derajat. Selain membuat kondisi ruangan jadi lebih nyaman, menyetel AC dengan suhu stabil juga disinyalir dapat menghemat daya listrik.

2.       Hindarkan Ruangan Dari Sinar Matahari

Sinar matahari yang masuk dalam ruangan berAC akan membuat suhu dalam ruangan jadi panas sehingga meski AC dihidupkan akan susah menjadi dingin hawanya. Untuk itu, cegah sinar matahari masuk dengan cara menutup jendela atau kaca lalu lapis lagi dengan gorden.

3.       Tutup Rapat Ruangan

Ruangan berAC yang memiliki celah terbuka atau terdapat pintu yang sreing dibuka tutup juga dapat mengakibatkan penggunaan daya listrik lebih boros. Pasalnya, suhu ruangan akan lebih sulit menjadi dingin dan stabil akibat adanya arus hawa luar dan dalam yang masuk. Oleh karena itu, tutup rapat ruangan saat AC dalam keadaan On.

4.       Service AC

Jika ingin AC dapat bertahan lama dan awet digunakan, lakukan service secara teratur yang mana ditangani oleh teknisi berpengalaman. Melakukan service AC secara rutin, tidak hanya mencegah kerusakan pada mesin tetapi juga membuat keadaan AC agar senantiasa bersih dan bebas debu. AC yang mesinnya kotor dapat membuat kerja mesin AC lebih berat.

5.       Pilih Tipe AC Yang Tepat Dengan Kebutuhan

Setidaknya ada 3 tipe AC yang banyak beredar saat ini yaitu tipe low watt, inverter dan standar. Untuk tipe low watt memiliki kelebihan daya listrik yang kecil sehingga bisa mengurangi pengeluaran biaya listrik, namun harganya lebih mahal dibandingkan tipe lain. Begitu pula pada 2 tipe lainnya, tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk mengetahui secara jelas, bisa menanyakan langsung pada penjual atau teknisi agar bisa menyesuaikan tipe AC dengan kebutuhan.

Apapun jenis tipe AC yang digunakan, pastikan untuk memilih AC yang kualitasnya terjamin, “kalau AC ya Daikin”!

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>