IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Aug 10th, 2016

Heboh Ditemukan Meriam dan Granat Di Depan Siring Banjarmasin

Penemuan Meriam Kuno Banjarmasin Agustus 2016 – Sejak beberapa hari ini Banjarmasin lumayan dihebohkan dengan ditemukannya senjata berpeledak meriam kuno dan granat di galian pekerjaan dekat siring Banjarmasin dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin atau lebih tepatnya di Jalan Sudirman.

Foto Meriam Kuno Banjarmasin 2016

Menurut berita yang medianya kutip dari Bpost dan AntaraNews Kronologis penemuan meriam dan granat ialah saat itu pekerja sedang asik menggali di penggal Jalan Sudirman, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin, tiba-tiba Suparno kaget. Kekagetannya lalu terjawab, dia menemukan meriam kuno yang tertanam sekitar dua meter di dalam tanah.

“Saat saya menggali, tiba-tiba gancu saya terkena benda keras, kira pipa ledeng yang kena, setelah digali terus ternyata meriam,” ujar Suparno, “sang penemu meriam kuno” itu.

Dia mengaku bekerja bertiga saat melakukan penggalian dilokasi itu, dan pertama kali ditemukan sekitar pukul 15.00 WITA. “Penemuan ini kami laporkan ke pengawas, saya tidak tahu lagi setelah itu,” ucapnya.

Menurut dia, lokasi senjata meriam itu tertanam sekitar dua meter dari atas permukaan tanah, dan kondisinya sudah sangat berkarat.

“Tadi mau diangkat secara manual, tapi tidak bisa,” paparnya.

Pejabat Pembuat Komitmen Kabid Bina Marga Banjarmasin, Chandra IW, menyatakan, “Tadi polisi sudah datang melihatnya.”

Kalau dilihat kondisinya, ucap Chandra, senjata meriam ini panjangnya sekitar tiga meter, diperkirakan meriam dari masa kolonialis Belanda. “Kami belum tahu lagi nantinya meriam itu akan diserahkan kemana, mungkin besok (Selasa) baru diangkat dengan alat berat,” ungkapnya.

Dia mengakui, dengan ditemukannya senjata meriam kuno di daerah proyek ini, terpaksa dihentikan dulu penggalian di titik itu, sebelum dinyatakan sterill.

Penemuan Granat Aktif Banjarmasin

Selain itu juga ditemukan Granat Nanas aktif setelah heboh penemuan meriam sebelumnya. Komandan Brimob Polda Kalimantan Selatan Kombes Puji Santosa ketika dikonfirmasi, Selasa (9/8) sore membenarkan pihaknya ‘menemani’ penggalian terrhadap meriam tersebvut.
“Infonya ditemukan meriam kemarin dan mau diangkat. Maka kita turunkan satu unit gegana Brimob Polda Kalsel untuk mendampingi,” papar Puji.
Ini untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan atau misalnya ada bahan peledak di lokasi tersebut. Puji juga mengungkapkan dalam penggalian tersebut juga ditemukan satu buah granat nenas.
“Juga ditemukan satu buah granat tangan dengan kondisi berkarat dan diamankan unit Jibom,” jelas Puji seraya mengatakan melihat konsidi granat sudah lama.
Namun Puji mengungkapkan kondisi granat tersebut masih aktif sehingga diamankan oleh regu Jibom.
Terpisah, Kaden Gegana AKBP Samsul membenarkan granat nenas tersebut kondisinya meski berkarat namun tetap aktif. Makanya usai ditemukan langsung diamankan.
“Nantinya granat tersebut bisa kita urai atau diledakkan (disposal, Red),” jelasnya.

 

Sumber dan Foto Oleh  Radar & BanjarMasin Post

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Kabarnya, meriam yang didapat diandak bebarang aja di jalanan jar. Bujur kah Min?

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>