October 19, 2021

Manfaat Wakaf Optimal Melalui Lembaga Wakaf Pangan

Lembaga wakaf di Indonesia kini sudah semakin banyak tersedia. Hal ini sangat baik sehingga banyak masyarakat yang bisa lebih mudah dalam proses wakaf. Selain itu, adanya lembaga wakaf ini juga untuk memaksimalkan potensi yang ada pada harta wakaf itu sendiri sehingga bisa bermanfaat untuk keseluruhan umat. Untuk harta wakaf itu sendiri merupakan harta yang tidak akan habis pakai dan bisa dimanfaatkan hingga selamanya.

Lembaga Wakaf Pangan

 

Selain tanah untuk masjid, kini wakaf pun juga bisa dibentuk dengan cara lain dimana kini telah terbentuk lembaga wakaf pangan yang bisa menampung segala jenis wakaf. Berikut ini beberapa jenis wakaf yang bisa Anda salurkan di lembaga wakaf:

Wakaf pangan
Krisis pangan yang kerap melanda di beberapa daerah di Indonesia banyak terjadi saat ini. Umat Islam pun tidak boleh menutup diri dari hal ini sehingga wakaf pangan ini bisa menjadi salah satu cara untuk membantu umat yang mengalami krisis pangan. Ragam jenis untuk wakaf pangan diantaranya:

Wakaf sawah – konsep jaminan pangan untuk masyarakat dengan pengelolaan wakaf yang dibentuk menjadi lahan pertanian sehingga dapat menghasilkan pangan dengan sistem banyak manfaat. Dengan begitu, maka akan bisa menghasilkan bahan pangan yang lebih berkualitas dengan surplus besar sehingga mampu menopang kebutuhan untuk pangan masyarakat.
Wakaf sumur – pengadaan sumber air juga bisa dilakukan dengan melakukan wakaf dalam bentuk sumur. Nantinya sumur ini akan diadakan berupa sumber air di wilayah atau daerah yang kekeringan.

Wakaf pendidikan
Pendidikan adalah pondasi untuk peradaban yang lebih baik. Untuk itu, demi memperkuat pondasi di masyarakat maka diharapkan untuk memberikan sumbangsih berupa wakaf pendidikan. Program wakaf pendidikan ini bisa dilakukan dengan melakukan penyaluran dana wakaf yang Anda miliki untuk bisa membangun sarana serta prasarana untuk kepentingan pendidikan seperti sekolah dan madrasah sehingga dapat memastikan anak usia sekolah akan bisa mendapatkan pendidikan secara layak. Penyalurannya bisa meliputi pembangunan ruang kelas dan sekolah di pulau terpencil, memberi penunjang kegiatan belajar di berbagai sekolah hingga pembangunan masjid dan mushola untuk sarana edukasi agama.

Wakaf kesehatan
Kebutuhan akan sarana kesehatan juga kini mengalami peningkatan namun belum bisa terpecahkan. Oleh karena itu diadakan program ini sehingga bisa memberikan bantuan berupa ambulans hingga obat-obatan dalam mendukung rumah sakit yang bertujuan untuk membantu kemanusiaan.

Wakaf ekonomi
Wakaf juga bisa dimanfaatkan untuk membangun perekonomian umat. Wakaf ekonomi ini bisa dibentuk menjadi wakaf ternak, wakaf properti hingga wakaf saham.

Itulah beberapa jenis wakaf yang bisa disalurkan melalui lembaga wakaf yang kini banyak tersedia di Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Segera wakaf sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *