IBX582022AF841EE
Published On: Tue, Jan 29th, 2019

Pilih Mana? Es Buah, Es Campur, Es Teh atau Es Teler?

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki suhu lumayan terik kala siang hari khususnya musim kemarau. Tak mengherankan kalau banyak minuman segar sebagai pelepas dahaga Anda. Ragam kuliner yang menyajikan menu es buah dan es teh yang tersedia di setiap daerah. Anda bisa menemukan aneka minuman khas daerah yang memiliki ciri masing-masing.

Seperti yang diketahui es buah itu sendiri merupakan sejenis minuman yang di dalamnya berisi potongan buah-buahan yang menyegarkan. Minuman ini dipilih sebagai andalan untuk menghilangkan dahaga kala cuaca panas melanda. Namun ternyata ada beberapa minuman tradisional yang hampir mirip yaitu es campur, es oyen dan es teler.

Sudahkah Anda tahu mengenai perbedaan tiga minuman segar yang terdiri berbagai isian buah tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Es campur
Menu kuliner satu ini memang mudah Anda temukan di daerah mana saja. Bahkan, Anda bisa menemukan es campur sebagai minuman segar di seluruh wilayah Indonesia. Tak heran kalau asal kuliner satu ini tidak diketahui secara pasti. Masing-masing daerah memiliki citarasa es campur yang berbeda tergantung dari isian yang digunakan. Ciri yang paling umum ditemukan adalah es campur tidak menggunakan bahan santan melainkan sirup dan susu kental manis saja.

Isian dari es campur juga lebih bervariasi mulai buah nangka, nanas, melon, cincau hitam, blewah, roti tawar, rumput laut, agar-agar, tape, serutan kelapa muda dan masih banyak varian lain. Variasi isi dari es campur setiap daerah berbeda sehingga rasa yang diberikan juga beragam seperti manis dan sedikit asam. Misalnya es campur dari kota Medan yang memiliki rasa unik sebab memadukan isi kacang merah, pacar China dan biji delima.

Es Teler
Menu kuliner yang telah dipatenkan Kabupaten Sukoharjo sejak tahun 2005 ini telah ada sejak puluhan tahun silam. Cikal bakal nama es teler sendiri karena ungkapan pengunjung yang mengatakan kenikmatan minuman ini bisa bikin teler.

Es teler hampir sama dengan es campur namun memiliki bentuk lebih encer. Hal ini dikarenakan menggunakan bahan santan dan sirup. Untuk variasi isi, ciri paling khas dari es teler adalah buah alpukat yang memiliki nutrisi tinggi. Biasanya es teler akan dipadukan dengan bahan lain seperti buah nangka, daging kelapa muda, gula cair dan es serut sesuai selera. Citarasa es teler lebih bervariasi dibandingkan dengan es buah yang biasa Anda temukan.

Es oyen
Bandung diyakini sebagai asal muasal es oyen yang telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Minuman segar yang dipadukan dengan siraman santan ini memiliki rasa yang istimewa. Hal paling mudah dibedakan antara es oyen dengan es teler dan es campur adalah komposisi warna. Warna es oyen terlihat lebih merah muda dibandingkan es teler dan es campur yang berwarna putih. Hal ini dikarenakan sirup cocopandan merah yang mendominasi warna dan rasa es oyen.

Variasi isi hampir sama dengan es teler yang terdiri dari buah-buahan lembut dan mutiara. Selain itu, es oyen juga ditambahkan bahan yaitu agar-agar. Siraman susu kental manis juga sering ditambahkan di atas sajian es oyen yang membuat minuman ini begitu legit. Cocok banget dijadikan minuman pelepas dahaga saat Anda berkunjung ke Kota Kembang.

ES Teh

ES TEH

Namun pilihan paling simpel dan mudah dibikin saat dahaga menurut admin justru Es Teh .

Berdasarkan perbedaan yang disebutkan di atas, minuman mana yang paling favorit buat Anda? Anda bisa membuat minuman favorit sendiri di rumah lho! Es buah yang terdiri dari berbagai buah segar bisa memberikan efek menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Tentu Anda harus membatasi konsumsi gula dan susu kental manis agar terhindar dari dampak negatif mengkonsumsi pemanis buatan terlalu banyak ya!

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>